Rabu, 28 Oktober 2009

Boyband Dengan Penjualan Tertinggi


Nah berikut ini adalah daftar 5 grup boyband yang berhasil mencatat rekor penjualan terbanyak. 1 grup sudah bubar, 2 masih bertahan hingga kini dan 2 grup lawas yang berhasil reuni dan berkibar kembali. So let’s get it started!

5. Take That. .Take That aktif sejak taun 1990 dan sejak ditinggal Robbie Williams bersolo karir tahun 1995, mereka memutuskan untuk bubar. Pada tahun 2005 mereka reuni dan membuat album baru bertajuk Beautiful World dan bahkan melakukan sejumlah tur. DVD Take That The Ultimate Tour Live in Manchester super duper keren dan jadi bukti kalo Take That kagak ada matinya, walaupun minus Robbie Williams. Dalam konser di Manchester tersebut mereka juga masih ngedance dengan tempo yang sama dengan waktu mereka ber’joget’ belasan taun yang lalu. Gile aja, badan mereka tuh sama sekali ga berubah, ga tambah gendut dan gerakannya juga masih asoy, muka mereka juga masih sama *ya iyalah*. Hebat bener, padahal kalo dipikir2 umur mereka sekarang udah 40 an tahun tuh tapi masih gesit. Hebat. Selama karir mereka (sampai saat ini) berhasil menjual 35 juta keping diseluruh dunia.

4. Westlife. . Boyband asal Irlandia ini memulai karir bermusiknya pada tahun 1998 dibawah asuhan Ronan Keating (vokalis dari grup Boyzone). Setaun kemudian, mereka berganti manager secara Ronan Keating sibuk dengan album solo perdananya setelah grup Boyzone bubar pada tahun 1999. Oiya, selain Ronan, Stephen Gately juga membuat album solo tapi tidak sukses, satu album doang langsung mak jlep… ilang ditelan bumi. Tahun ini, Boyzone sepertinya kembali berkibar dengan dimulainya tur reuni yang dimulai akhir May 2008 lalu bertajuk Back Again-No Matter What Tour 2008. Loh kok malah jadi ngomongin Boyzone? . Westlife adalah boyband yang sanggup mempertahankan eksistensi nya di dunia musik (yang belakangan makin banyak diramein musik cadas) meskipun minus Bryan McFadden. Grup se’mellow’ Westlife pun tak luput dari gosip seputar salah satu membernya yang belakangan diketahui gay, yaitu Mark Feehily (serupa dengan Stephen Gately yang juga gay). Westlife berhasil menduduki posisi keempat boyband dengan penjualan tertinggi, yaitu sebanyak 45 juta keping diseluruh dunia.

3. ‘N Sync. Yap. Memang grup ini sekarang dah bubar, dan kalo diliat2 sih kayaknya ga mungkin reuni deh, secara ‘jenjang’ member yang laen dengan Justin Timberlake terlalu jauh. Justin pun kini telah sukses besar sebagai solo artist yang bahkan selalu ‘berdampingan’ dengan Timbaland, pencetak tembang-tembang hits. Dibentuk pada tahun 1995, N Sync mendunia pada tahun 1997 dengan tembang andalan mereka Tearin’ up My Heart. Sama seperti Backstreet Boys, mereka ‘berkuasa’ di Eropa dan Asia, belum diterima oleh pendengar musik Amrik pada awal2 karir mereka. Album pertama N Sync pun lebih dulu dirilis di Jerman dan bukannya di AS, tanah kelahiran mereka sendiri. Mereka diterima secara luas di Amrik pada tahun 2000, yaitu setelah dirilisnya album No Strings Attached. Album ini sendiri diberi titel demikian sebagai simbol lepasnya mereka dari Lou Pearlman, produser yang ngembat honor mereka dan masuknya mereka ke recording company yang baru, Jive Records. N Sync merilis album terakhir nya pada tahun 2001 dan Greatest Hits pada tahun 2005. Secara tidak resmi, grup tersebut telah tidak aktif sejak tahun 2002. Ditambah lagi dengan kesibukan masing2 anggotanya yang mengejar ambisi karir dibidang lain. Salah satunya adalah Lance Bass yang berambisi menjadi kosmonot namun gagal karena kurang sponsor dan akhirnya justru menjadi berita tersendiri setelah mengakui kalo dirinya GAY. OH MY GOD!! Kok dari tadi selalu ada member boyband yang gay ya? . All in all, N Sync berhasil menjual sebanyak 56 juta keping diseluruh dunia selama karir bermusik mereka.

2. New Kids on the Block.    aktif sejak taun 1984 sampai 1994. Album terakhir NKOTB rilis tahun 1994 dan jauh dari sukses. Di chart pun single-single dari album tersebut gagal meraih sukses. Mereka pun bubar dan menjalani kesibukan masing2 termasuk berkeluarga. Setelah bbrp kali gagal bereuni pada tahun 1999 dan 2004, mereka akhirnya reuni pada tahun 2008 dan kini sedang bersiap meluncurkan album baru dibawah label Interscope. Btw, video klip baru NKOTB, Summertime sudah diluncurkan. Hasilnya ga mengecewakan. Lagi2 bentuk2 mereka kok ya masih sama ya? Gak gendut dan gak keliatan tuwa gitu, padahal kayak Take That, usia mereka juga udah 40 taunan. Member paling muda NKOTB, Joey McIntyre sama usianya dengan member termuda Take That, Gary Barlow, yaitu 38 tahun (klairan 1970). Tapi kalo liat di video klip Summertime ini, tampilan mereka bener2 yahud loh, pake dikelilingin cewek2 berpakaian minim segala… aih semangat boyband na emang masih kuwat . NKOTB berhasil menjual 70 juta keping diseluruh dunia.

1. Backstreet Boys. YAK! Boyband asal Florida, Amrik ini emang layak menyandang predikat penjualan album terbanyak diseluruh dunia. Karir boyband yang beranggotakan 5 personil (sekarang 4 personil, minus kevin Richardson) ini juga super terjal. Walaupun mereka dibentuk tahun 1993, sampai album kedua pun, mereka belum diterima pendengar musik Amrik. Ditambah lagi, Lou Pearlman, produser mereka yang ternyata mengambil keuntungan terlalu tinggi dan menyalahgunakan sejumlah profit bahkan menyembunyikan uang hasil keringat band tersebut yang mengakibatkan BSB nyaris tak memperoleh apapun. Selain itu, masalah kesehatan 2 membernya juga ga kalah heboh. Brian Littrell, seperti yang telah diketahui, menderita kelainan jantung sejak lahir dan bahkan nyaris meninggal diusia 4 tahun karena infeksi bakteri. Brian pun berkali-kali menjalani operasi demi menjaga kelangsungan hidupnya. Pukulan lainnya bagi BSB adalah A.J. McLean yang ketahuan kecanduan drugdan akhirnya menjalani rehab. BSB pun hiatus pada tahun 2002 hingga 2004. Selama vakum, Nick Carter sempat merilis satu album bertitel Now or Never. BSB kembali reuni setelah A.J. McLean muncul di acara Oprah Winfrey Show dan bertemu kembali dengan member2 BSB yang laen . BSB berhasil menjadi boyband dengan penjualan terbanyak sepanjang sejarah yaitu sebanyak 100 juta keping diseluruh dunia.

Coba kalian semua perhatikan, boybands diatas semuanya ngetop sekitar akhir 80 an sampai 90 an. Tentunya pada masa itu, MP3 belum ditemukan . Mungkin band2 yang ada sekarang bisa nyaingin penjualan album boybands diatas kalo saja ga ditemukan format musik MP3, OGG, WMA dan teman-temannya itu . Apalagi yang taun-taun keemasan NKOTB dan Take That itu, waalah jamannya kaset tuh, hehehehe..
Btw, tampaknya boybands masih akan exist meskipun bisa dibilang saat ini bukanlah masa keemasan bagi boyband lagi. Yang patut dikagumi adalah masih adanya keinginan beberapa boyband untuk kembali bersatu dan reuni. Kalo anak2 jaman sekarang mungkin kurang mengenal mereka, itu wajar, toh mereka tetep punya basis fans setia yang selalu mengikuti kabar terbaru musik mereka.. seperti saya contohnya.. hehe.


Tidak ada komentar: